GRID_STYLE

Post/Page

Weather Location

{fbt_classic_header}

Dukcapil Sebut Peluang Tambahan Kursi DPRD Malteng Terkunci

Dukcapil Sebut Peluang Tambahan Kursi DPRD Malteng Terkunci

MASOHI,beritaLima.com,-Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) menyebutkan peluang penambahan kursi di DPRD Kabupaten Maluku Tengah (Malteng) dalam pemilu legisla…

Dukcapil Sebut Peluang Tambahan Kursi DPRD Malteng Terkunci

MASOHI,beritaLima.com,-Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) menyebutkan peluang penambahan kursi di DPRD Kabupaten Maluku Tengah (Malteng) dalam pemilu legislatif 2019 mendatang terkunci alias tidak bertambah dan tetap pada level 40 kursi.

Hal tersebut disampaikan dalam rapat dengar pendapat (RDP) yang digelar Komisi I DPRD Malteng bersama KPU Malteng, Dinas Dukcapil dan Statistik, Selasa, (23/01)kemarin bertempat Ruang Rapat DPRD Malteng jl R.A. Kartini Masohi.

Dikabarkan sebelumnya bahwa peluang penambahan kursi DPRD akan terjadi pada Pileg 2019 mendatang. karena gregat kependudukan Daerah sudah berada pada level 422.065 yang bisa didongkrat menjadi 500.000 lebih.

Namun berdasarkan pemaparan Kepala Dinas Dukcapil, Nova Anakota dihadapan Komsisi 1 mengatakan, kalaupun terjadi pergeseran naik agregat kependudukan pada semester dua tahun ini, angkanya tidak bisa m encapai 500 ribu lebih.

“ada pergerakan naik agregatnya, tetapi tidak bisa naik sampai level 500 ribu lebih,” jelas Anakota.

Sesuai dengan Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) Nomor 16 Tahun 2017 tentang Penataan Daerah Pemilihan dan Alokasi Kursi Anggota DPRD, penambahan 5 kursi di DPRD Malteng terjadi manakala agregat kependudukan menjadi 500 ribu ples satu.

Ketua KPU Malteng Ridwan Tomagola menandasakan acuan jumlah kursi DPRD Maluku Tengah mengacu pada keputusan KPU RI nomor 4 tahun 2018 tentang alokasih kursi DPRD.

“prinsipnya KPU Maluku Tengah menunggu keputusan KPU RI, tapi acuan kami adalah keputusan KPU RI nomor 4 bahwa sudah ada penetapan jumlah kursi yang berdasarkan data kependudukam dari kemendagri,” ujar Tomagola.

Menanggapi hal tersebut, Ketua Komisi I DPRD Malteng Muhamad Nur Nukuhehe mengapresiasi KPU Malteng dan Dinas Dukcapil karena telah menyajikan informasi secara terbuka dalam RDP tersebut. Sehingga bagi DPRD tetap m enghormati dan mendukung KPU dalam mensukseskan pemilihan legislatif 2019 mendatang.

“kekuarang informasi (kepastian julmah kursi) telag dijelasakan secara terbuka kami apresiasi. karena kami pikir sebelumnya keputusan KPU soal alokasih kursi masih bersifat rancangan. prinsipnya kami sebagai wakil rakyat mendukung segala keputusan yang telah ditetapkan oleh KPU dan kami tetap mengawal itu,” tandas Nukuhehe (Jossye)

Terkait

Sumber: Google News | Liputan 24 Masohi

No comments