GRID_STYLE

Post/Page

Weather Location

{fbt_classic_header}

Satgas Pamtas RI-PNG Kostrad Berhasil Amankan 2 Truck Muatan ...

Satgas Pamtas RI-PNG Kostrad Berhasil Amankan 2 Truck Muatan ...

Jakarta, INDONEWS.ID - Satgas Pamtas RI-PNG Yonif Para Raider 432 Kostrad berhasil mengamankan 2 truk bermuatan Kayu Masohi ilegal saat melintas di depan Pos II.Berh…

Satgas Pamtas RI-PNG Kostrad Berhasil Amankan 2 Truck Muatan ...

Jakarta, INDONEWS.ID - Satgas Pamtas RI-PNG Yonif Para Raider 432 Kostrad berhasil mengamankan 2 truk bermuatan Kayu Masohi ilegal saat melintas di depan Pos II.

Berhasilnya prajurit satgas tersebuut bermula dari kecurigaan anggota Satgas yang sedang bertugas di Pos Dalduk yakni Praka Sudiono terhadap 2 truk tersebut. Semula Praka Sudiono memberhentikan kendaraan yang membawa muatan Kulit Kayu Masohi hanya ingin menanyakan kelengkapan dokumen dan mengecek muatan yang dibawanya, hal tersebut lantaran kegiatan ini sudah menjadi Protap bagi kendaraan yang membawa muatan atau yang lain saat melintasi Pos. namun saudara Edi sebagai pemilik kulit kayu masohi saat itu tidak bisa menujukan dokumen muatannya .

Karena tidak bisa menunjukkan surat menyuratnya, Praka Sudiono kemudian mengambil tindakan dengan menahan 2 truck, kejadian ini kemudian dilaporkan kepada Dansa tgas Letkol Inf Ahmad Daud Harahap guna untuk pemeriksaan dokumenya serta memastikan bahwa barang tersebut telah menyalahi aturan.

Setelah melalui pemeriksaan intensif dengan pihak Custom dan Karantina Pertanian pihak Satgas dan Instansi terkait yang ada di PLBN (Pintu Lintas Batas Negara). Diketahui kulit Kayu Masohi yang status kepemilikanya a.n Sdr. Edi alias Rahman (30 Tahun) ini di curigai karena dokumennya kurang lengkap dan tidak sesuai nilai total berat timbangannya yaitu dokumen yang dibawanya, yang semula dalam dokumen dengan total berat 2.330 Kg, setelah diadakan penimbangan ulang yang di lakukan oleh anggota Satgas bersama Instansi terkait dengan total seluruhnya 5.088.7 Kg dan ini terjadi selisi berat timbangan dengan total 2.758,7 Kg.

Selanjutnya Kulit Kayu Masohi yang melebihi kapasitas dengan berat total 2.7587 Kg dijadikan barang bukti dan telah di amankan di Pos Kotis Satgas Pamtas RI-PNG Yonif Para Raider 432 Kostrad.

Setelah itu Dansatga s beserta dengan beberapa instansi terkait memberikan ijin kepada saudara Edi selaku pemilik barang tersebut kembali melanjutkan perjalananya dengan membawa 2 unit kendaraan Truk serta Kulit Kayu Masohi dengan jumlah total yang sesuai dengan dokumenya yaitu 2.330 Kg menuju Jayapura, karena mengingat waktu yang jelang malam.

“Kami beserta dengan beberapa Instansi terkait akan melaksanakan penyelidikan lebih lanjut dan mengkoordinasikan kejadian tersebut kepada pihak pusat baik dari pihak Karantina maupun Costum”, terang Dansatgas Letkol Inf Ahmad Daud Harahap menyampaikan

Dengan adanya kejadian tersebut, lanjut Ahmad Daud, maka perlu adanya sarana serta kordinasi lebih lanjut untuk fasilitas yang ada di PLBN baik dari segi penimbangan serta infrastruktur lainnya agar segera di fungsikan sehingga kejadian serta temuan tersebut tidak terulang kembali, karena sudah menyalahi aturan yang ada. (Lka)

Sumber: Google News | Liputan 24 Masohi

No comments