www.AlvinAdam.com

Gratis Berlangganan

Tuliskan Alamat Email Anda. Gratis!

Delivered by FeedBurner

Sudah Difungsikan, Gudang Bulog Saumlaki Layani 2 Kabupaten

Posted by On 6:20 AM

Sudah Difungsikan, Gudang Bulog Saumlaki Layani 2 Kabupaten

Warta Ekonomi.co.id, Ambon -

Gudang beras milik Bulog di Saumlaki, Kabupaten Maluku Tenggara Barat (MTB) kini sudah difungsikan.

Pimpinan Divisi Regional (Divre) Perum Bulog Maluku, Arif Mandu, mengatakan gudang Bulog di Kota Saumlaki berdaya tampung 2.000 ton beras sudah difungsikan. Stok beras yang ada di gudang tersebut akan melayani permintaan masyarakat yang ada di Kabupaten Kabupaten Maluku Tenggara Barat (MTB) dan Maluku Barat Daya (MBD).

"Selama ini lima daerah di kawasan Maluku Tenggara yakni Kota Tual, Kabupaten Maluku Tenggara, Kabupaten MTB, Kabupaten Aru, dan MBD mendapat pasokan beras dari gudang yang ada di Kota Tual," tutur Arif.

Berfungsinya gudang di MTB akan mengatasi masalah keterlambatan penyaluran beras ke daerah itu.

"Seperti yang terjadi beberapa waktu lalu yakni kelangkaan beras di MTB sehin gga harus diangkut dari Ambon menggunakan kapal TNI Angkatan Laut," ujarnya.

Dia mengatakan cuaca yang kurang bersahabat di perairan Maluku menyebabkan penyaluran beras sering terganggu. Karena itu, gudang di Saumlaki bisa menjawab permasalahan tersebut. Paling tidak, sudah tidak ada lagi kejadian rawan pangan di daerah itu.

"Kami juga berharap ada gudang beras di Kabupaten Aru sebab jarak dari Kota Tual ke Dobo, Ibu Kota Kabupaten Aru agak jauh. Apalagi kalau terjadi musim ombak, cukup sulit. Itulah kendala yang dihadapi selama ini," katanya.

Menurutnya, kalau Pemda Aru bisa menyiapkan lahan, Bulog juga bisa membangun gudang di Dobo.

"Yang sekarang ini Bulog juga sudah mendapat lahan dari Pemda Maluku Tengah untuk membangun gudang beras Bulog di Kobi Sonta, kawasan Seram Bagian Utara dan tinggal menunggu proses administrasi dalam hal ini sertifikat, kalau sudah ada langsung di bangun," ujarnya.

Tentang stok hadapi Lebaran, Arif mengatakan stok beras ada 7.000 ton yang tersebar di gudang-gudang milik Bulog Maluku, selain penambahan dari Surabaya dan Makasar yang sedang dalam perjalanan menuju Ambon sebanyak 8.000 ton lagi.

Dengan begitu, beras Bulog Maluku cukup banyak dan bisa mengisi permintaan hingga tujuh bulan ke depan.

Sumber: Google News | Liputan 24 Dobo

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »