Kemenkes Tepis Ada Warga Maluku Tewas akibat Busung Lapar | Liputan 24 Maluku
www.AlvinAdam.com

Gratis Berlangganan

Tuliskan Alamat Email Anda. Gratis!

Delivered by FeedBurner

Kemenkes Tepis Ada Warga Maluku Tewas akibat Busung Lapar

Posted by On 11:32 PM

Kemenkes Tepis Ada Warga Maluku Tewas akibat Busung Lapar

  • VIVA â€" Awal pekan ini, Kementerian Kesehatan mendapat laporan dugaan kematian warga akibat busung lapar di pedalaman Gunung Morkelle, Kecamatan Seram Utara, Kabupaten Maluku Tengah, Provinsi Maluku. Menindaklanjuti laporan itu, Kemenkes RI pun segera berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan setempat.

    Kepala Puskesmas Pasahari, Sulami bersama beberapa orang timnya langsung berangkat meninjau secara langsung kondisi suku terasing Mause Ane, Kabupaten Maluku Tengah. Pasahari dan timnya datang ke sana untuk melihat kondisi kesehatan suku terasing Mause Ane guna melakukan pemeriksaan dan pengukuran kesehatan.

    “Berdasarkan informasi yang kami dapatkan, meskipun dalam kondisi yang terbatas, hasil pemeri ksaan kesehatan menunjukkan semua masyarakat suku Mause Ane dalam kondisi kesehatan yang baik,” tutur Direktur Gizi Masyarakat Kementerian Kesehatan, Doddy Izwardy dalam rilis yang diterima VIVA, Jumat 27 Juli 2018.

    Dia menyatakan bahwa tidak ada kasus busung lapar yang mengakibatkan kematian di suku terasing tersebut. Namun, Doddy menungkapkan bahwa ada laporan kematian seorang bayi yang mengalami kelainan sejak lahir.

    Untuk itu, Kemenkes melalui Puskesmas Pasahari mendistribusikan pemberian makanan tambahan (PMT) bagi ibu hamil dan balita, obat-obatan, dan logistik lainnya kepada masyarakat Desa Siahari dibantu oleh Koramil. Selain itu, dilakukan pemeriksaan kesehatan serta pengukuran status gizi seperti pengukuran tinggi badan dan panjang badan, penimbangan bayi dan balita serta pengukuran lingkar lengan atas (Lila)) pada ibu hamil.

    Lihat Juga
    • Ancaman Menkes bagi Pegawai Telat Masuk Usai Libur Lebaran

    • Pasca Imbauan Kemenkes, Kangen Water Tarik Seluruh Brosurnya

    • Akhirnya Indonesia Punya Pabrik Cairan Infus Pertama

    Jarak tempuh, akses dan geografis yang cukup sulit menjadi salah satu hambatan yang dialami oleh tim kesehatan. Namun, PMT, logistik, dan obat-obatan telah berhasil sampai dan diterima oleh masyarakat suku terasing Mause Ane.

    Sebelumnya diberitakan, ada tiga warga suku terasing di pedalaman Pulau Seram, wilayah Gunung Morkelle, Kabupaten Maluku Tengah, dilaporkan meninggal dunia karena busung lapar, satu orang lanjut usia (lansia) dan dua balita. Sementara itu, sekitar 170 jiwa menderita kelaparan.

    "Mereka meninggal pada 7 Juli lalu. Kondisi masyarakat mengalami busung lapar dan gangguan kesehatan. Masyarakat mengalami kekurangan bahan pangan," kata Kepala Seksi Logistik BPBD Maluku Tengah, Syahril Tuakia, Selasa, 24 Juli 2018.

Sumber: Berita Maluku

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »