Penyangga Langit Yang Membuat Kapolda Irjen Andap Budhi Cinta ... | Liputan 24 Maluku
www.AlvinAdam.com

Gratis Berlangganan

Tuliskan Alamat Email Anda. Gratis!

Delivered by FeedBurner

Penyangga Langit Yang Membuat Kapolda Irjen Andap Budhi Cinta ...

Posted by On 2:35 PM

Penyangga Langit Yang Membuat Kapolda Irjen Andap Budhi Cinta ...

Ambon, INDONEWS.ID - Berbicara pisang yang paling terkenal di Maluku, biasanya orang menjawab dengan pisang Ambon. Tapi, apakah benar pisang Ambon paling terkenal dan satu-satunya jawaban, ternyata tidak.

Justru pisang paling terkenal dan paling berkhasiat dari provinsi yang kaya akan rempah-rempah adalah Tongka Langit.

Baca juga : Kapolda Maluku Irjen Pol Andap Budi Nobar Final World Cup 2018

Uniknya, di Maluku sendiri tidak semua daerah bisa ditumbuhi pisang jenis ini. Kabarnya, pisang Tongka Langit hanya tumbuh subur di daerah Saparua, Seram, Ambon, Nusa Laut dan Haruku. Juga di sebagian Papua.

Pisang Tongka Langit ini beda dengan pisang kebanyakan di Indonesia. Jika pisang biasa jantung pisangnya menghadap ke bawah, Pisang ini jantung menghadap ke atas. Mungkin itu alasannya disebut pisang Tongka Langit (artinya : penyangga langit).

Baca juga : Pilkada Lancar , Kapolda Maluku Irjen Pol Andap Budi Sampaikan Terima Kasih

Kapolda Maluku, Irjen Pol. Budhi Andap Revianto kagum-kagum dan takjub melihat pisang tersebut. Jenderal bintang dua ini mengaku baru pertama melihat pohon pisang yang cukup langka ini.

Selain jantung pisangnya menghadap ke atas, daging buah pisang ini berwarna oranye-kuning. "Saya kagum karena baru kali ini melihatnya. Dan kabarnya, tidak sekadar buah tetapi juga bisa sebagai obat," kata Irjen Budhi kepada media kepada media di Ambon, Selasa (31/7/2018)

Baca juga : Kapolda Maluku Andap Budi Mengunjungi Posko Siaga Banjir

Kelebihan lain pisang Tongka Langit ini adalah kulit buahnya yang mengkilat seperti buah plastik.

Namun, pisang ini tidak dapat dikonsumsi langsung dimakan (dikonsumsi). Harus diolah lebih dulu karena rasanya sedikit sepat bila langsung dimakan.

Kelebihan lain, memiliki kandungan beta karotine tinggi sehingga dapat digunakan sebagai obat tradisional. Infonya, bisa m elindungi dari penyakit kronis seperti diabetes, jantung sampai kanker.

Juga bisa meningkatkan kemampuan kerja ginjal, membantu menurunkan demam, dan meningkatkan stamina.

"Pisang ini luar biasa, karena kasiat, fungsi dan kelangkaannya. Ah, semakin membuat saya cinta Maluku," ungkap Kapolda sembari tersenyum. (budsan)

Sumber: Berita Maluku

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »