Ketua NU Maluku Terpilih Bertekad Aktifkan Jamiyah | Liputan 24 Maluku
www.AlvinAdam.com

Gratis Berlangganan

Tuliskan Alamat Email Anda. Gratis!

Delivered by FeedBurner

Ketua NU Maluku Terpilih Bertekad Aktifkan Jamiyah

Posted by On 7:11 PM

Ketua NU Maluku Terpilih Bertekad Aktifkan Jamiyah

Jakarta, NU Online
Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Maluku menyelenggarakan Konferensi Wilayah di Ambon, Kamis hingga Jumat (27-8/8). Forum tertinggi di tingkat provinsi itu pun mendaulat KH Muhammad Dyosan Bugis sebagai Rais Syuriyah dan H Karnusa Serang sebagai Ketua Tanfidziyah untuk masa khidmat 2018-2023.
Saat ditemui NU Online di Jakarta Pusat, Sabtu (1/9), ketua terpilih Karnusa menyampaikan tentang tekadnya untuk membenahi organisasi NU di Maluku. Ia memastikan akan menjalankan organisasi yang didirikan pada 31 Januari 1926 itu.
"NU (kepengurusan periode sebelumnya) di Maluku itu vakum. Ada program, tapi belum dibuat di visi-misi," ungkapnya.
Dirinya menyadari termasuk pengurus lama. Tapi sebagai sebuah organisasi, keputusan di NU adalah koletif kolegial, dalam artian tidak bisa hanya tertumpu pada ketua dan sekretaris. “Harus ada rapat-rapat, dan harus dilaksanak an. Nah, insyaallah saya siap bertanggung jawab mengaktifkan NU," katanya.
Tekad Karnusa dibuktikan dengan visi dan misi yang telah dibuatnya. Bahkan ia telah membentuk tim tarnsisi yang disebut dengan tim empat. "Nah, alhamdulillah saya sudah punya visi dan misi untuk melancarkan sejumlah program. Nantinya setelah dilantik, kami langsung melakukan kerja-kerja," tegasnya.
Pria yang juga dosen di Fakultas Ushuluddin IAIN Ambon ini pun bersama rais syuriyah terpilih akan bekerja sama untuk mensukseskan program-progam lima tahun ke depan.
"Saya mohon doa, semoga bisa sama-sama bekerja. Karena biasanya ada kerja sama, tapi tidak sama-sama bekerja," ucapnya diikuti tawa.
Terkait visi dan misi, H Karnusa Serang mengemukakan bertekad menjadi jamiyah untuk tegaknya ajaran Islam yang menganut Aswaja an-Nahdliyah untuk mewujudkan kemaslahatan masyarakat. “Juga kemajuan bangsa, kesejahteraan, keadilan dan kemandirian serta terciptanya rahmat bagi sem esta alam dalam wadah NKRI,” ungkapnya.
Sedangkan misi yang diemban di bidang agama adalah mengupayakan terlaksananya ajaran Islam yang menganut paham Ahlussunah wal Jamaah.
“Untuk bidang pendidikan adalah pengajaran dan kebudayaan mengupayakan terwujudnya penyelenggaarn pendidikan dan pengajaran serta pengembangan kebudayaan sesuai dengan ajaran Islam,” katanya.
Terkait bidang sosial, dirinya akan mendorong pemberdayaan di bidang kesehatan. “Termasuk kemaslahatan dan ketahanan keluarga, serta pendampingan masyarakat yang terpinggirkan atau mustadl'afin,” jelasnya.
Yang juga tidak kalah penting yakni bidang ekonomi. “Kami mengupayakan dan mendorong kebijakan pemerintah daerah dalam peningkatan pendapatan masyarakat dan lapangan kerja atau usaha untuk kemakmuran jamiyah dan umat secara merata,” tandasnya. (Husni Sahal/Ibnu Nawawi)Sumber: B erita Maluku

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »