Pasarkan Bawang Merah, Dinas Pertanian Lembata Cari Pasar ke ... | Liputan 24 Maluku
www.AlvinAdam.com

Gratis Berlangganan

Tuliskan Alamat Email Anda. Gratis!

Delivered by FeedBurner

Pasarkan Bawang Merah, Dinas Pertanian Lembata Cari Pasar ke ...

Posted by On 5:31 PM

Pasarkan Bawang Merah, Dinas Pertanian Lembata Cari Pasar ke ...

Berita Kabupaten Lembata Terkini

Pasarkan Bawang Merah, Dinas Pertanian Lembata Cari Pasar ke Irian dan Maluku

Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Lembata kini mencari pasar ke Irian dan Maluku untuk menjual bawang merah

Pasarkan Bawang Merah, Dinas Pertanian Lembata Cari Pasar ke Irian dan MalukuPOS-KUPANG.COM/Frans KrowinBawang merah yang diproduksi di Lembata.

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Frans Krowin

POS-KUPANG.COM | LEWOLEBA - Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Lembata kini mencari pasar ke Irian dan Maluku untuk menjual bawang merah yang dihasilkan petani di daerah itu. Langkah tersebut diambil karena saat ini komoditas itu melimpah di Lembata.

Hal tersebut diungkapkan Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Lembata, Mathias Beyeng, ketika ditemui POS-KUPANG.COM, Senin (1/10/2018).

Dikatakannya, ia sudah melakukan survei pasar bawang merah baik di Adonara maupun Larantuka, Kabupaten Flores Timur (Flotim). Ia juga telah mengecek pangsa pasar bawang merah ke Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel) juga Surabaya di Jawa Timur (Jatim).

Baca: Hingga Siang Ini, Terjadi 254 Gempa Susulan di Palu dan Donggala

Akan tetapi, katanya, di kota-kota itu persediaan bawang merah senantiasa memadai dengan harga yang relatif murah. Harga bawang lebih rendah dari yang berlaku di Kabupaten Lembata saat ini.

Atas kenyataan itu, lanjut Mathias, pihaknya terpaksa mencari peluang pasar ke tempat lain. Atas rencana itulah ia akan ke Irian dan Maluku. "Kami akan mencari pemasaran bawang merah ke Irian d an Maluku. Dalam waktu dekat kami akan mendatangi dua kota itu," ujar Mathias.

Baca: Turut Berduka, AS Siap Dukung Upaya Bantuan untuk Palu dan Donggala

Mathias belum menyebutkan kepastian waktunya, kapan ke Maluku atau pun Irian untuk tujuan memasarkan komoditas bawang merah dari Lembata itu. Namun menurutnya, lebih cepat lebih baik supaya komoditi tersebut lebih cepat diserap pasar.

Saat ini bawang merah melimpah di pasar. Persediaan relatif banyak, karena saat ini sedang musim panen. Melimpahnya bawang merah itu mengakibatkan harga pasar relatif murah. Harga bawang merah di Lembata Rp 12.500/kg atau jauh lebih murah dari awal tahun 2018 yang mencapai Rp 35.000/kg. (*)

Penulis: Frans Krowin Editor: Kanis Jehola Sumber: Pos Kupang Ikuti kami di Viral Video Mesum Mahasiswa UIN Bandung, Pihak Kampus Klarifikasi hingga Tindak Tegas yang Terlibat Sumber: Berita Maluku

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »